“Kampung Server”, Lahan Khusus Kawasan Data Center

Baru denger berita ini? *ogut juga baru denger :p

Kampung Server merupakan sebuah kawasan cyber yang dikhususkan untuk menampung zona-zona Data Center.

Survei yang diselenggarakan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bulan April-Juli lalu menunjukkan pertumbuhan jumah pengguna internet di Indonesia dari 55 juta orang pada 2011 menjadi 63 juta pada 2012.

APJII juga memproyeksikan bahwa angka tersebut akan tumbuh menjadi 107 juta pengguna internet pada 2014 dan 139 juta pada 2015.

Salah satu dampak dari pertumbuhan pengguna internet itu, menurut Ketua Umum APJII Sammy Pangerapan, adalah meningkatnya kebutuhan penyimpanan konten yang dibutuhkan.

“Apalagi dengan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2012 yang menyatakan bahwa setiap penyelenggara layanan publik dan transaksi elektronik termasuk perusahaan asing wajib membangun pusat data atau server di Indonesia,” ujar Sammy seusai acara APJII Internet Outlook 2012 di Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Server-server ini pun, menurut Sammy, tak bisa sembarangan penempatannya. “Lingkungan yang memadai berikut security yang andal mutlak diperlukan.”

Untuk memenuhi kebutuhan ini, APJII bekerja sama dengan PT. Media Land International.

Jadi akan seperti kawasan industri, dan disatukan semua dalam satu area agar mudah mengontrol lingkungan dan keamanannya. Lokasi yang direncanakan APJII untuk mewujudkan hal ini adalah sekitar daerah Cibubur-Depok. Kawasannya, lanjut Sammy, jika dimungkinkan akan memiliki pembangkit listrik sendiri untuk berjaga-jaga dari kemungkinan putusnya aliran listrik dari PLN.

“Mungkin di sekitarnya juga akan dibangun perumahan karyawan yang bekerja di sana. Sekarang masih proses desain, tapi lahannya sendiri sudah ada,”  tandas Sammy. Diharapkan rancangan akhir kawasan ini sudah bisa diumumkan pada kuartal pertama 2013.

Nanti kapan2 ogut mampir ahh ke sana. Mau liat-liat sekalian tanya-tanya buat nambah wawasan.. hehe. Siapa yang mau mampir ke sana juga?🙂

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/xml/2012/12/16/07521628/Jelang.100.Juta.Netter.Bakal.Ada.Kampung.Server

5 thoughts on ““Kampung Server”, Lahan Khusus Kawasan Data Center

Komentarnya donk Om.. Tanteee.. silakan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s