Hargai Kami Sebagai Blogger

 

Masalah Pelanggaran copyright/hak cipta kayaknya ndak pernah habis diperbincangkan baik di media cetak, eletronik, maupun media Online. Dengan adanya kejadian ini mungkin timbulah UU ITE. Seperti di dunia politik, adanya kebijakan baru pasti menimbulkan ProKontra. Masih inget kan waktu kasus situs media File Sharing yang akhirnya banyak yang setuju kalo situs itu ditutup karena telah melanggar hak cipta. Banyak juga yang gak setuju dengan penutupan situs media File Sharing yang waktu itu kena masalah.

Di dunia Blogging juga gak kalah menarik. Banyak blogger yang geram karena tulisan hasil karyanya dari pemikirannya itu dikutip tanpa seizin dari si penulis asli. Ada juga yang lucu, dimana salah seorang blogger yang pernah mengutip sebagian artikel dari blogger lain kemudian di edit separo ngomel2 karena tulisannya di COPAS mentah-mentah.

Nah karena Google sebenarnya tidak menyukai mengutip artikel dalam bentuk apapun walaupun pengutip sudah melampirkan link sumber, maka buat perhatian kita semua. Sebagai blogger yang baik, buatlah postingan semenarik mungkin. Walaupun topik postingannya sama, ya dibikin lebih menarik lagi lah supaya keliatan beda sama sumber aslinya. Dan buat para blogger lain ataupun pencari artikel untuk ditransfer ke media cetak ataupun di Copy ke blognya, alangkah baiknya mencantumkan link sumber artikel.

Bukannya saya melarang, tapi cuma mengingatkan supaya tertib. Soalnya gak semua blogger rela kalo tulisan di blognya itu di COPAS. Saya dulu begitu. Tapi sekarang, saya ndak melarang artikel saya dicopas mentah-mentah tanpa mencantumkan link saya. Saya sadar bahwa berbagi itu indah. Tinggal bagaimana perasaan Anda masing-masing.. ehehe.

Happy Blogging🙂

 


9 thoughts on “Hargai Kami Sebagai Blogger

  1. kalau saya suka sebenarnya di copas, copas aja sono artikel sya bahasanya kurang menarik.
    trus.
    buat apa coba blogger copas2, emang mesin fotocopy apa di copy sana sini.

    Suka

      1. nah itu juga tuh kalau sering copas, buktinya blog pertama saya (jaman dahulu kala saat negara api belum menyerang *avatar) smua artikel copas sampe sekarang index google masih 100. wkwk

        Suka

Komentarnya donk Om.. Tanteee.. silakan :)

