Implementasi Open BTS di Indonesia ala Pak Onno W. Purbo

Wahh gan.. cukup bangga baca berita ini dari Detik.com. Teknologi Open BTS yang didemonstrasikan oleh Pak Onno W. Purbo mampu digunakan untuk telepon dan SMS (gratis) dengan Handphone biasa selama masih dalam jangkauan Open BTS tersebut.

Maksudnya teknologi Open BTS ini akan ditempatkan di daerah bencana yang ada di Indonesia. Karena sedikit banget kemungkinan berhasilnya membangun tower BTS di daerah rawan bencana seperti gempa bumi bahkan Tsunami. Denger2, di Indonesia mau dibangun Open BTS. Seperti yang saya kutip dari Detikinet, masyarakat diperbolehkan membangun Open BTS dengan syarat,

Pertama adalah masyarakat di daerah itu belum terjangkau sinyal operator telekomunikasi. Menurut Onno W Purbo, karena operator tidak mau membangun infrastrutur telekomunikasi yang dinilai sebagai hak asasi manusia, maka masyarakat di daerah tersebut dimungkinkan membuat Open BTS sendiri.

Onno menyatakan, ada peraturan di Kepmen Nomor 21 tahun 2001 yang memungkinkan masyarakat mendirikan Open BTS sendiri. Masyarakat bisa mengajukan izin menjadi penyelenggara jasa telekomunikasi dasar kepada Kementerian Kominfo.

Sejatinya, pihak operator pun bisa memakai solusi Open BTS untuk masyarakat di pedalaman yang belum mendapat akses telekomunikasi. Namun jika mereka tidak mau membangunnya dengan berbagai alasan, masyarakat bisa berinisiatif sendiri.

Tetapi menurut penilaian BRTI(Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia), penggunaan Open BTS ini masih terlarang karena belum ada regulasi yang mengaturnya secara detail. Berikut saya kutip dari detikinet,

Sebelum regulasi detilnya ada, ya semuanya (masih) terlarang. Sesuai amanat Undang-undang No.36/1999 tentang telekomunikasi,” kata anggota BRTI M Ridwan Effendi.

Yang jelas, open BTS itu ya pasti pakai frekuensi selular. Lisensi frekuensinya kan kepunyaan operator yang ada sekarang. Setiap pemancaran frekuensi kan harus ada izinnya kecuali untuk yang class license seperti Wi-Fi dan remote control,” lanjut dia.

Segitu dulu deh reviewnya. Nih kalo mau baca lengkap dari sumbernya bisa langsung meluncur ke TKP,


10 thoughts on “Implementasi Open BTS di Indonesia ala Pak Onno W. Purbo

Komentarnya donk Om.. Tanteee.. silakan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s