[Softskill] Ekonomi Koperasi

Kali ini saya mau posting buat nyelesein Tugas Softskill yang dikasih sama Dosen. hehe,😀 ndak apa-apa kan posting di sini?? Sebelum-sebelumnya sih di Blog yang lama, tapi udah krasan ngeblog pake akun ini, yaudah apa boleh buat Mau di pindahin postingan tugas softskill lama ke sini, tapi males ngeditnya lagi. Yang ada aja udah..  hehe..

Mas Bro mau posting tentang apa tugasnya??

😆 Saya mau nulis tentang Ekonomi Koperasi karena ini tugas awal mata kuliah (softskill) Ekonomi Koperasi. Yowis, nanti artikel bebasnya soal tips trik blogging, curhatan saya, jurnal kehidupan saya, dan artikel motivasi lainnya saya posting lain kali.😀

Koperasi adalah Badan Usaha yang dimiliki dan dioperasikan oleh perorangan atau beberapa orang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip ekonomi kerakyatan yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Well, mari kita telusuri lebih dalam lagi mengenai sejarah dan perkembangan ekonomi koperasi, bentuk-bentuk koperasi dan contoh koperasi yang merupakan salah satu dari sekian banyak badan usaha yang ada di Indonesia.

Sejarah dan Perkembangan Koperasi

Koperasi sebagai suatu sistem ekonomi, mempunyai kedudukan (politik) yang cukup kuat karena memiliki cantolan konstitusional, yaitu berpegang pada Pasal 33 UUD 1945, khususnya Ayat 1 yang menyebutkan bahwa : Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

Dalam Penjelasan UUD 1945 itu dikatakan bahwa bangun usaha yang paling cocok dengan asas kekeluargaan itu adalah Koperasi. Tafsiran itu sering pula dikemukakan oleh Mohammad Hatta, yang sering disebut sebagai perumus pasal tersebut. Pada Penjelasan konstitusi tersebut juga dikatakan, bahwa sistem ekonomi Indonesia didasarkan pada asas Demokrasi Ekonomi, di mana produksi dilakukan oleh semua dan untuk semua yang wujudnya dapat ditafsirkan sebagai Koperasi.

Koperasi diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1896 oleh Raden Aria Wiriatmadja tepatnya di Purwokerto, Jawa Tengah. Awalnya Raden Aria Wiriatmadja mendirikan koperasi kredit dengan tujuan membantu rakyatnya yang terjerat hutang dengan para rentenir. Koperasi dalam perkembangannya mengalami pasang surut.

Bentuk-bentuk Koperasi

Ketentuan Pasal 15 UU No. 25 tahun 1992 menyatakan bahwa Koperasi dapat berbentuk Loperasi Primer atau kuperasi Sekunder.

  • Koperasi Primer

Koperasi primer adalah koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan orang-seorang. Koperasi primer dibentuk oleh sekurang-kurangnya 20 orang.

  • Koperasi Sekunder

Koperasi sekunder adalah koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan koperasi. Koperasi sekunder dibentuk sekurang-kurangnya 3 koperasi.

Contoh Koperasi yang ada di wilayah deket-deket rumah saya, gak banyak-banyak kok.

Ada Koperasi Hasanah yang lokasinya di Jalan Tambun Selatan, Cakung Timur dan ada juga Koperasi Wahana Kalpika(tuh yang ada di angkot minibus warna oren a.k.a Angkot KWK)

Sumber:

Plagiarisme setau saya ya juragan, mengutip suatu artikel tanpa disebutkan/dituliskan URL address yang spesifik. Monggo juragan kalo ada yang salah ato yang kurang, mohon ditambahkan. hehe😆

Happy Blogging

Iwan Setiawan
23210691
2EB20


2 thoughts on “[Softskill] Ekonomi Koperasi

Komentarnya donk Om.. Tanteee.. silakan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s