Masuk Jajaran Top Blogs & Top Posts WordPress.com. Why Not??

Pernah ada yang ngiri dulu sampe nanya ke forum WordPress.com. Gak salah kok, malah disarankan bertanya disitu,, hehe.. Khususnya pengguna blog WordPress.com.

User tersebut nanya seputar, “Bagaimana Blog bisa Masuk ke Jajaran Top Blogs WordPress.com“. Okehh, pokoknya separuh akan dijawab disini. Kalo ada yang kurang lengkap, atau ada yang salah, monggo diralat. Soal saya juga masih newbie.

Pertama, setting Pengaturan Bahasa di blog Anda. Apabila Anda ingin masuk ke jajaran Top Blogs berbahasa Indonesia(khusus blogger WP.com Indonesia) dan otomatis muncul daftar Blog Ngetop di Dasbor blog Anda, atur ke Bahasa Indonesia. Caranya, Masuk DasborPengaturan → General | Pada pilihan Bahasa, ubah ke id – Bahasa IndonesiaSave Change.

Kedua, ada 4 fitur yang disediakan WordPress.com. Tapi saya hanya membahas Top Blogs dan Top Posts. hehe, soal yang lainnya, nanti nyusul. Top Blogs adalah daftar Blog WordPress.com yang mendapat rating tinggi(entah dari mesin pencari atau tautan yang lainnya) yang mengarah ke Blog Anda. Sedangkan Top Posts adalah daftar Postingan dari blog Anda yang mendapat Rating tinggi(entah dari mesin pencari atau tautan yang lainnya). Dari penjelasan Top Blogs dan Top Posts, terserah Anda ingin menyabet yang mana. Atau mungkin keduanya disabet juga ndak masalah.

Ketiga, banyak alasan mengapa pengunjung menyukai blog/postingan Anda, atau bahkan tidak menyukainya. Itu tergantung penyajian blog yang visitor friendly dan POSTINGAN(orisinalitas, dll) di Blog Anda. Usahakan animasi penghias blog seperti image, flash, dan widget-widget lain, tidak terlalu berlebihan. Kalo untuk Navigasi, boleh aja kok, tapi jangan terlalu banyak dan rumit. Malah akan membantu memberatkan loading Blog bagi visitor yang koneksi internetnya lemot. Eittsss.. jangan lupa mengaktifkan Mobile Theme bawaan WordPress.com ya?? Supaya Mobile User lebih asik membuka blog Anda. Caranya, Masuk DasborTampilanEkstra | centang pilihan Display a mobile theme when this blog is viewed with a mobile browser .

Keempat, konsistensi Anda dalam dunia blogging juga berperan. Visitor akan merasa jenuh dengan blog yang jarang update. Saat visitor menanti-nanti postingan di blog Anda, ternyata tidak kunjung muncul, maka visitor akan beralih ke lain hati blog yang lebih update. Usahakan sering update. Atau apabila Anda sedikit sibuk, bisa memposting tulisan 2 x seminggu/ 1 x seminggu.

Kelima, Promosi adalah kegiatan yang vital. Bisa Anda bayangkan, seorang pengusaha suatu produk baru, apakah bisa laris terjual jika tidak memberitahu kepada para konsumen tentang produk barunya (tanpa promosi)?? Maka dari itu, WordPress.com menyediakan fitur Ekstra sebagai sarana Anda mempromosikan blog dan postingan. Fitur Share dan Publicize sudah tersedia di WordPress.com. Fitur ini sangat bermanfaat bagi blog Anda yang ingin menyabet Top Blogs dan atau Top Post. Karena menjaring pengunjung untuk melihat blog dan tulisan Anda.

Sekian separuh bahasan kali ini. Mengenai fitur-fitur WordPress.com, bisa Anda coba-coba sendiri. Jangan lupa membaca Peraturan WordPress.com sebelum Anda memulai Nge-blog. Apabila Anda masih butuh tutorial atau memiliki pertanyaan seputar nge-blog di WordPress.com, bisa bertanya ke Forum Khusus Pengguna Blog WordPress.com (Khusus berbahasa Indonesia)


One thought on “Masuk Jajaran Top Blogs & Top Posts WordPress.com. Why Not??

Komentarnya donk Om.. Tanteee.. silakan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s