Kontroversi Lagu Jauh Kau Pergi (Tinggal Kenangan)

Well, iseng-iseng penulis searching-searching di Google penasaran sama kabar yang waktu itu lagi hot-hotnya di kalangan anak muda. Lagu kontroversial berjudul Jauh Kau Pergi ( Tinggal Kenangan ).

Dari beberapa sumber yang memberitakan siapa pencipta lagu kontroversi Jauh Kau Pergi ( Tinggal Kenangan ), Penulis dapat beberapa sumber(lupa linknya), ternyata di sumber itu dijelaskan bahwa Lagu yang berjudul Jauh Kau Pergi ( Tinggal Kenangan ) itu di Malaysia juga populer dinyanyikan oleh Saleem IKLIM, hmmm.

Iseng-iseng saya cari dengan keyword, “lirik lagu Jauh Kau Pergi ( Tinggal Kenangan ) saleem“. Langsung saya klik link yang ada di pencarian paling awal.. Ternyata Liriknya sama seperti lirik lagu Tinggal Kenangan yang beredar.. oh iya, sebelumnya saya mo kenalin nih siapa sih Saleem IKLIM..??

Sejarah Band IKLIM

Band Musik Iklim di bentuk pada tahun 1988 dengan diprakarsai oleh 5 anak muda asal Trengganu, Malaysia. Pada awal-awal pertumbuhan nya, grup musik ini biasa manggung di berbagi klab sosial dan klab malam dan diberbagai acara pesta perkawinan disekitar tempat tinggal mereka.

Nama IKLIM di pilih karena pada saat itu iklim di Trengganu agak tidak menentu sehingga sering terjadi banjir.

Pada tahun 1990 an, album pertama Iklim di luncurkan dengan judul “Satu Kesan Abadi” yang di terbitkan oleh SCS Record. Lagu yang terkenal saat itu , “Suci Dalam Debu” adalah salah satu isi nya yang menjadi hit pada masa itu baik di Malaysia maupun di Indonesia. Bahkan Sebuah film yang berjudul sama juga telah dirilis.

Anggota dari IKLIM pada mulanya terdiri dari 5 orang yaitu ;

  1. Saleem (Vokalis)
  2. Umarul (Gitar utama)
  3. Mohalim (Bass)
  4. Huzali (Keyboard)
  5. Kama (Pemain drum) – namun keluar pada akhir tahun 1996.

Pada saat ini Iklim berjuang tanpa vokalis utama mereka setelah Saleem memutuskan untuk bernyanyi solo. Album Saleem bersama Iklim yang terakhir yaitu Bunga Emas, lagu terakhir sebelum Saleem ditangkap dan dipenjarakan pada tahun 2004 silam.

Riwayat Saleem

Saleem , panggilan akrab dari nama sebenarnya “Salem Abdul Majid” dilahirkan pada 31 Augustus 1961 di Kampung Permaisuri Setiu, Trengganu. Ciri khas dari dirinya adalah suara serak-serak basah. Iklim merupakan salah seorang yang bredarah India muslim dan Melayu.

Sebelum menjadi penyanyi, Saleem bekerja di kantin ITM Dungun sebagai tukang basuh tray. Beliau biasanya ditemani sebuah gitad dan sering terlihat menyanyikan lagu yang mengibur rekan-rekannya dan pelajar di kantin. Kemerduan suaranya itulah yang telah mendorong lahirnya sebuah band yang kemudian di beri nama Iklim dengan bantuan penggubah lagu Wan Zul.

Sebagai seorang artis yang sudah naik daun, Saleem juga tidak luput dari berbgai kontroversi, Beliau pernah di penjara akibat penyalah gunaan obat terlarang yaitu pada Desember 2004 sampai Augustus 2005. Selain itu Saleem juga pernah dipenjarakan selama 4 bulan pada tahun 1996 atas kesalahan yang berujung kematian seorang  askar. Dengan banyaknya kontroversi inilah, popularitasnya semakin lama semakin menurun.

pada masa kejatuhannya , Saleem sering mengikuti kumpulan tabligh dan pengajian-pengajian dengan image barunya yang berjanggut dan berkopiah. Pada masa tersbut suaranya sekan tersekat dan tak dapat didengar dengan jelas oleh orang lain. Walaupun begitu masih ada beberapa pihak yang mengundangnya untuk menyanyi di fun fair. Setelah itu Saleem mulai merekam album baru lagi yang berjudul “Maaf”.

Kini Saleem mulai menyanyi kembali dan sudah dipercayai terbebas dari pengaruh obat-obatan. Saleem kini terkenal dan abadi sebagai Raja Balada denga suara emasnya yang di yakini melegenda di tanah Malaysia. Salah satu lagu yang termuat dalam album Demi Cinta 2009 yaitu Tinggal Kenangan merupakan lagu berhantu yang sedang hangat di perbincangkan pada tahun itu didunia maya khusunya Indonesia. Lagu yang di populerkan di Indonesia oleh Gaby yang kemudian menggantung diri setelah pacarnya meninggal menjadi kontroversi di dunia maya khususnya Indonesia.

http://malay.de-expert.web.id/sejarah-iklim-dan-saleem/

Nahh, Saya mohon maaf apabila ada salah pengetikan maupun salah mengartikan. Mohon koreksi apabila dianggap salah.

Monggo yang mau dengerin lagunya langsung dan atau Download lagunya.
http://www.stafaband.info/files/2KNLtr3s/saleem_-_jauh_kau_pergi__%28tinggal_kenangan%29-5572.htm

Dan berikut adalah Liriknya
http://gempakmp3.blogspot.com/2009/10/saleem-jauh-kau-pergi-tinggal-kenangan.html


17 thoughts on “Kontroversi Lagu Jauh Kau Pergi (Tinggal Kenangan)

  1. yang penting saleem iklim is the best..dan lagu tinggal kenangan enak di nyanyikan oleh saleem iklim masalah pencipta nya biarin aja nanti juga ada sendiri nya…

    Suka

  2. Itu bukan lagunya Salem iklim.. liat aja, dia menyanyikan lagu itu di tahun 2009, sedangkan lagu itu populer sejak tahun 2004 kususnya di dunia maya.. jadi siapa yang plagiat?

    Suka

  3. Terlepas dari masalah saleem pernah di penjara karena apa.. Dia tetap seorang penyanyi idola saya. Menurut saya dia seperti lagu hits nya : Saleem bagai air yang jernih.. Di dalam bekas yang berdebu..

    Suka

  4. tinggal kenangan adalah lagunya saleem (malay), orang indo tu yang meniru dan memplagiatkan lagu orang, sebab itu jadi kontrofersi dan banyak yang mengaku-ngaku

    Suka

    1. Dari Indonesia Mas bro,,
      Mahasiswa di salah satu Universitas di Bali,, Kalo ndak salah..

      Dan masih menjadi kontroversi.. ada yang beropini, klo nyanyiin lagu itu, kesurupan arwah geby.. bwahahahah..

      Saya nyanyi lagu itu di WC teriak2 sampe tetangga sebelah gak bisa tidur..

      Suka

Komentarnya donk Om.. Tanteee.. silakan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s